Jumat, 03 Januari 2014

Lagu Tergalau Dewa 19

lagu galau dewa 19
Lagu Tergalau Dewa 19 - Dari waktu ke waktu lagu galau tetap disukai para pencinta musik walaupun penyampaiannya berubah. Lihat saja lagu galaunya Dewa 19 dari album Dewa 19 atau tahun 90 an untuk mengungkapkan perasaan galau kebanyakan tidak secara langsung (walaupun sedih tetap pakai kata-kata yang indah) dibanding tahun awal 2000 yang langsung ke pokok masalah dengan lirik yang singkat langsung mengena tentu hal itu juga dipengaruhi oleh karakter vokalisnya Ari Laso 90-an dan Once 2000 an.

Kangen - Dewa 19 (1992)
Lagu ini mengisahkan kerinduan seorang kekasih ditempat jauh yang merindu akan kedatangan kekasihnya dan komunikasinya tentang kabar beritanya jaman itu hanya lewat bisa lewat surat dan ucapan kangen melalui kata kata dalam selarik kertas dan  itupun harus nungguin pak pos datang (surat menyurat yang datangnya pun kadang paling cepat 1 minggu setelah dikirim dan nunggu lagi 1 minggu lagi untuk jawabannya) bisa dibayangkan perasaan galau setengah mati jaman itu sehingga lagu Kangen ini jadi ngetop karena banyak yang mengalami hal semacam itu . Kata kunci galau "Dan belai lembut kasihmu Takkan kulupa slamanya......Saat bersama dirimu...."
Lirik Lagu:


Kutrima suratmu, tlah kubaca dan aku mengerti
Betapa merindunya dirimu akan hadirnya diriku
Didalam hari-harimu bersama lagi....

Kau bertanya padaku, kapan aku akan kembali lagi
Katamu kau tak kuasa...melawan gejolak didalam dada
Yang membara menahan rasa...pertemuan kita nanti...
Saat kau ada disisiku....

Semua kata rindumu
Semakin membuatku tak berdaya
Menahan rasa ingin jumpa

Percayalah padaku akupun rindu kamu
Ku akan pulang...melepas semua kerinduan...
Yang terpendam...

Kau tuliskan padaku, kata cinta yang manis dalam suratmu
Kau katakan padaku, saat ini kuingin hangat pelukmu
Dan belai lembut kasihmu
Takkan kulupa slamanya......
Saat bersama dirimu....

Semua kata rindumu
Semakin membuatku tak berdaya
Menahan rasa ingin jumpa

Percayalah padaku akupun rindu kamu
Ku akan pulang...melepas semua kerinduan...
Yang terpendam...

Jangan katakan cinta
Menambah beban rasa
Sudah simpan saja sedihmu itu
Ku akan datang........



Aku Milikmu - Format Masa Depan (1994)
Menceritakan seorang kekasih yang habis ditinggal pasangannya dan masih terbayang cerita cintanya pada masa lalu dan masih berharap akan kembali lagi. Kata kunci galaunya "Mungkinkah kumiliki Cinta seperti ini lagi"
Lirik Lagu:


Terdengar lirih bisikanmu,
Diantara bayang – bayangmu
Terucap kata cinta
Yang dulu tersimpan
Dan tak mau pergi

Sekejap cinta terlahir
Namun jadi sebuah cerita
Yang tak mungkin terlupa
Kuukir dihati
Dan tak mau pergi

Mungkinkah kumiliki
Cinta seperti ini lagi
Jangan biarkan aku
Kehilangan dirimu

Coba dengarkanlah sumpahku [ Janji suci ] Dari hati.. aku cinta kamu
Jangan dengar kata mereka
Yang tak ingin kita satu
Yakinkan aku milikmu
Aku milikmu

Jalinan cinta tulus suci
Terpadu terikat erat
Jangan terpisah lagi
Waktu kan menguji
Cinta kita berdua

Mungkinkah kumiliki
Cinta seperti ini lagi
Jangan biarkan aku
Kehilangan dirimu


Cinta 'kan Membawamu Kembali - Terbaik Terbaik (1995)
Menceritakan seorang kekasih yang telah dididustai pasangannya tapi tetap mengharap akan cintanya kembali dengan cinta seperti yang dulu.Kata kunci galaunya "Dirimu yang dulu Mencintaiku apa adanya..."
Lirik Lagu:


Tiba saat mengerti
Jerit suara hati
Yang letih meski mencoba
Melabuhkan rasa yang ada

Mohon tinggal sejenak
Lupakanlah waktu
Temani air mataku, Teteskan lara
Merajut asa, Menjalin mimpi
Endapkan sepi - sepi

Cinta'kan membawamu...
Kembali disini, Menuai rindu
Membasuh perih
Bawa serta dirimu...
Dirimu yang dulu
Mencintaiku apa adanya...

Saat dusta mengalir
Jujurkanlah hati
Genangkan bathin jiwamu
Genangkan cinta
Seperti dulu Saat bersama
Tak ada keraguan...


Kirana - Pandawa Lima (1997)
Agak sulit memahami makna sebenarnya lagu ini tapi intinya tetap lagu sedih yang dibawakan dengan gaya rock. Coba simak liriknya Ada sekitar 7 bait yang berbunyi Kuingin rasakan Cinta (mungkin Kirana artinya itu) bisa diartikan lagu ini tentang seorang yang Jomblo yang ingin merasakan cinta dan meratapi nasipnya yang tak merasakan cinta (namun bisa jadi ia marah kepada ayah bunda nya (mungkin kurang kasih sayang) juga bisa). Yang pasti orang ini ingin merasakan cinta yang dalam entah dari ortunya ataupun dari kekasihnya. Kata kunci galaunya "Ayah Bunda tercinta satu yang tersisa,Mengapa kau tiupkan nafasku kedunia, Hidup tak kusesali mungkin kutangisi, Kuingin rasakan cinta"
Lirik Lagu:


Kucoba memahami tempatku berlabuh
Terdampar dikeruhnya satu sisi dunia
Hadir dimuka bumi tak tersaji indah
Kuingin rasakan cinta

Lusuh lalu tercipta mendekap diriku
Hanya usung sahaja kudamba Kirana
Ratapan mulai usang nur yang kumohon
Kuingin rasakan cinta
Manis seperti mereka....

Ayah Bunda tercinta satu yang tersisa
Mengapa kau tiupkan nafasku kedunia
Hidup tak kusesali mungkin kutangisi
Kuingin rasakan cinta

Peluhkupun mengering menanti jawabmu
Takkan pernah usai cintaku padamu
Hanya kata yang lugas yang kini tercipta
Kuingin rasakan cinta

Smakin jauh kumelangkah
Smakin perih jejak langkahku
Harikupun semakin sombong
Meski hidup terus berjalan...terus berjalan

Kirana jamah aku jamahlah rinduku
Hanya wangi terurai yang dapat kucumbu

Ayah Bunda tercinta satu yang tersisa
Mengapa kau tiupkan nafasku kedunia
Hidup tak kusesali mungkin kutangisi
Kuingin rasakan cinta

Manis seperti mereka
Tulus seperti adanya
Suci seperti dirimu
Ingin rasakan cintamu

Kirana jamah aku jamahlah rinduku
Takkan pernah usai cintaku padamu
Hanya kata yang lugas yang kini tersisa
Kuingin rasakan cinta...


Elang - The Best Of (1999)
Berkisah tentang seorang yang meninggalkan kekasihnya dan tak akan kembali lagi.Dan ini juga merupakan lagu perpisahannya Ari Laso dari Dewa 19. Kata kunci galaunya "Air mata takkan memanggilku Untuk kembali...".
Lirik Lagu:


Aku ingin terbang tinggi

Seperti elang

Melewati siang malam

Menembus awan



Ini tanganku untuk kau genggam

Ini tubuhku untuk kau peluk

Ini bibirku untuk kau cium

Tapi tak bisa kau miliki... aku



Reff

Tak usah kau terus tangisi kepergianku

Air mata takkan memanggilku

Untuk kembali...



Aku adalah mimpi - mimpi sedang melintasi

Sang perawan yang bermain dengan perasaan



Back to *, Reff

Back to *, Reff (2x)



(Aku adalah mimpi - mimpi, tiada arti)

(Aku ingin terbang tinggi seperti elang)

Roman Picisan - Bintang Lima (2000)
Mulai album bintang lima vokalis Dewa 19 adalah Once dan dengan vokal kasnya once berhasil memberi warna baru buat Dewa 19 khusunya untuk lagu-lagu galau yang dirasa pas dibawakannya walaupun pada album ini masih ada nafas Ari Laso (lagu yang dibuat dani sesuai vokal Ari Laso) yang dibawakan Once.
Lagu Roman Picisan menceritakan seorang yang sedang patah hati walau dia masih sangat mencintai ia tak bisa memiliki walau dengan luka hati yang perih.Kata kunci galaunya "Cintaku tak harus, miliki dirimu, Meski perih mengiris-iris segala janji"
Lirik Lagu:


Tatap matamu bagai busur panah
Yang kau lepaskan ke jantung hatiku
Meski kau simpan cintamu masih
Tetap nafasku wangi hiasi suasana
Saat ku kecup manis bibirmu

Reff:
Cintaku tak harus, miliki dirimu
Meski perih mengiris-iris segala janji

Aku berdansa diujung gelisah
Di iringi syahdu lembut lakumu
Kau sebar benih anggun jiwamu
Namun kau tiada...menuai buah cintaku
Yang ada hanya sekuntum rindu

Kembali ke Reff:

(*)Malam-malamku bagai malam seribu bintang
Yang terbentang di angkasa bila kau disini
'Tuk sekedar menemani,'tuk melintasi wangi
Yang s'lalu tersaji di satu sisi hati...

Kembali ke : (*)3x,Reff2x


Risalah Hati - Bintang Lima (2000)
Lagu ini bercerita tentang seseorang yang sangat mengarap cinta yang yang tidak kesampaian (ditolak) dengan kepedihanya namun ia tak putus asa tetap mengharap cintanya diterima (maksudnya mungkin dengan lebih mengenalnya lebih lama lagi). Kata kunci galaunya "Aku bisa membuatmu Jatuh cinta kepadaku Meski kau tak cinta kepadaku"
Lirik Lagu:


Hidupku tanpa cintamu
Bagai malam tanpa bintang
Cintaku tanpa sambutmu
Bagai panas tanpa hujan
Jiwaku berbisik lirih
Kuharus memilikimu

Reff:
Aku bisa membuatmu
Jatuh cinta kepadaku
Meski kau tak cinta kepadaku beri sedikit waktu
Biar cinta datang karena telah terbiasa

Simpan mawar yang kuberi
Mungkin wanginya mengilhami
Sudikah dirimu untuk kenali aku dulu
Sebelum kau ludahi aku
Sebelum kau robek hatik

Separuh Nafas - Bintang Lima (2000)
Perpisahan akibat pertikaian yang terjadi akibat perubahan sikapnya yang mengakibatkan separuh nafasnya pergi yang membuat hatinya hancur dan ingin kekasihnya kembali.Kata kunci galaunya "Kau hancurkan diriku, Bila kau tinggalkan aku"
Lirik Lagu:


Separuh nafas ku terbang
Bersama dirimu
Saat kau tinggalkanku
salahkanku

Salahkah aku
Bila aku bukanlah
Seperti aku yang dahulu

Ada makna tergali... dari sini
dari pertikaian yang terjadi

Kau hancurkan diriku
Bila kau tinggalkan aku
Kau Dewiku
Kembalilah padaku
Bawa separuh nafasku
Kau Dewiku

Arjuna - Cintailah Cinta (2002)
Seseorang Arjuna yang sedang mencari cinta sejatinya gak dapat dapat hingga ia ber ucap bahwa cinta sejati mungkin didapat saat ia mati dan tak pernah ada di kehidupan ini (saking putus asanya). Kata kunci galaunya "mungkin, kutemui cinta sejati, saat aku hembuskan nafas terakhir-ku"
Lirik Lagu:


Sudah kudaki gunung tertinggi 
hanya untuk mencari dimana dirimu
sudah kujelajahi isi bumi 
hanya untuk dapat hidup bersamamu
sudah kuarungi arung samudra
hanya untuk mencari tepat berlabuhmu
tapi semakin jauh ku mencari 
cinta semakin aku tak mengerti

Reff :
akulah arjuna, yang mencari cinta
wahai wanita, cintailah aku

mungkin, kutemui cinta sejati, 
saat aku hembuskan nafas terakhir-ku
mungkin cinta sejati memang tak ada 
dalam cerita kehidupan ini

akulah arjuna (arjuna) 6x 

Kosong - Cintailah Cinta (2002)
Bayangan seseorang melekat di jiwanya dan tak bisa dihilangkan begitu saja walaupun dalam keramaian masih merasa sepi. Kata kunci galaunya "Aku tak bisa memusnahkan, Kau dari pikiranku ini"
Lirik Lagu:


Kamu seperti hantu
Terus menghantuiku
Kau terus membayangi aku

Salahku biarkan kamu
Bermain dengan hatiku
Aku tak bisa memusnahkan
Kau dari pikiranku ini

Didalam keramaian aku masih merasa sepi
Sendiri memikirkan kamu
Kau genggam hatiku
Dan kau tuliskan namamu
Kau tulis namamu

Tubuhku ada disini
Tetapi tidak jiwaku
Kosong yang hanya kurasakan
Kau telah tinggal di hatiku

Pupus - Cintailah Cinta (2002)
Ini salah satu lagu galau yang begitu menyentuh lagu yang bercerita tentang seseorang yang mengharap cinta yang besar tapi ternyata cintanya bertepuk sebelah tangan orang yang dikasihi tidak mencintainya hal itu membuat kedukaan yang mendalam dalam dirinya.Kata kunci galaunya "Baru ku sadari, Cintaku bertepuk sebelah tangan"
Lirik Lagu:

Aku tak mengerti
Apa yang ku rasa
Rindu yang tak pernah
Begitu hebatnya
Aku mencintaimu lebih dari yang kau tahu
Meski kau tak'kan pernah tahu

Aku persembahkan hidupku untukmu
Telah kurelakan hatiku padamu
Namun kau masih bisu
Diam seribu bahasa
Dan hati kecilku bicara

Baru ku sadari
Cintaku bertepuk sebelah tangan
Kau buat remuk seluruh hatiku

Semoga waktu akan mengilhami
sisi hatimu yang beku
Semoga akan datang keajaiban
Hingga akhirnya kau pun mau

Aku mencintaimu
Lebih dari yang kau tahu
Meski kau tak'kan pernah tahu
Video Klip:



Setelah lagu pupus ini  belum nemu lagi lagu galau Dewa 19 yang lebih galau lagi (versi gue). Mungkin waktu itu lagunya pas sama hati ku yang sedang "bertepuk sebelah tangan" sehingga membekas sampai sekarang (canda).

Emotional Love Song - Republik Cinta (2006)
Menceritakan seseorang yang terus menerus disakiti oleh kekasihnya sampai ingin mati. Kata kunci galaunya "Belum cukupkah kamu membuat aku jadi gila"
Lirik Lagu:

Jangan sakitiku lagi
mungkin aku bisa pergi
pergi untuk selamanya
dan mungkin takkan kembali

Belum cukup sembuh hati ku ini..
Dari luka yang kau tikam..kejantungku..
Sudah kamu lukai nya lagi..Sudah kamu hancurkan..
percaya ku kepadamu..Aku mungkin takkan pernah tau..
Apa salahku kepada dirimu..Mungkin juga kamu masih ragu..
Dan ta’pernah menganggap ini adalah serius

Chorus:
Jangan sakitiku lagi
mungkin aku bisa pergi
pergi untuk selamanya
dan mungkin takkan kembali

Setelah aku menjadi milik mu..Masihkah kamu akan sakiti aku lagi
Belum cukupkah kamu menyiksa aku
Belum cukupkah kamu membuat aku jadi gila

***alef***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar