Senin, 23 Desember 2013

History of Bondan Prakoso & Fade 2 Black

Bondan Prakoso & Fade 2 Black merupakan kolaborasi musikal antara Bondan Prakoso (musisi, bassis) dan Fade 2 Black (grup rap beranggotakan Titz, Santoz dan Lezzano).

Biografi
Bondan Prakoso & Fade 2 Black merupakan kolaborasi musikal antara Bondan Prakoso (musisi, bassis) dan Fade 2 Black (grup rap beranggotakan Titz, Santoz dan Lezzano). Pada tahun 2004 Bondan berniat membuat proyek musik yang menggabungkan berbagai jenis musik ke dalam sebuah bentuk musik baru. Dia lalu mengajak Titz, seorang rapper yang merupakan teman satu kampusnya di Universitas Indonesia untuk bergabung. Namun Titz merasa kalau band ini akan semakin kuat jika grupnya, Fade 2 Black, turut bergabung. Akhir tahun 2004 Bondan & Fade 2 Black mulai melangkah ke dapur rekaman. Mereka pun menciptakan beberapa lagu dengan sentuhan Rap, Rock, dan Funk. Bondan Prakoso bertanggung jawab di sisi instrumen, looping dan aransemen, sedangkan Fade 2 Black menggarap lirik lagunya. Proses ini hanya berlangsung 4 bulan, dan pada bulan Agustus 2005 album perdana mereka yang bertajuk “RESPECT” resmi dirilis di bawah naungan Sony BMG Music Indonesia. Album tersebut diwarnai berbagai jenis musik dengan rap sebagai vokal utama, dengan ditimpali suara Bondan yang turut menghiasi beberapa lagu. Dengan album bermaterikan 12 lagu itu, Bondan Prakoso & Fade 2 Black pun menuai beragam prestasi, diantaranya adalah Best Rap Album Production dalam Indonesian Music Award 2006. Album kedua mereka, “UNITY” dirilis pada bulan November 2007. Album yang menjagokan lagu “Keroncong Protol” ini semakin memantapkan posisi Bondan Prakoso & Fade 2 Black sebagai band yang kreatif dan mampu menciptakan sesuatu yang berbeda. Berkat album ini mereka kembali meraih penghargaan Best Rap Album Production dalam Indonesian Music Award 2008.

Tentang Bondan Prakoso
Bondan Prakoso lebih dulu dikenal sebagai penyanyi cilik lewat lagu “Lumba-Lumba” yang populer di era 80-an. Ketika beranjak dewasa dia tetap setia di jalur musik, dengan bass sebagai “senjatanya”.

Fade 2 Black
Tahun 1999 Bondan bergabung dengan Funky Kopral. Bersama band ini, Bondan sempat menelurkan dua album, yaitu Funchopat (1999) dan Funkadhelic Rhythm and Distortion (2000). Namun pada tahun 2003 Bondan memutuskan mundur dari Funky Kopral dan kemudian membentuk Bondan Prakoso & Fade 2 Black. Musisi kelahiran 8 Mei 1984 ini dikenal sebagai bassis yang handal. Bahkan dia sempat tampil dalam acara “Bass Heroes” bersama 11 pemain bass Indonesia lainnya, seperti Thomas “GIGI”, Rindra “Padi”, Bongky “BIP”, dan Adam Sheila on 7. Penampilan mereka juga direkam dalam album kompilasi “Bass Heroes” yang dirilis tahun 2006.
Sejarah
Pada tahun 2004 Bondan berniat membuat proyek musik yang menggabungkan berbagai jenis musik ke dalam sebuah bentuk musik baru. Dia lalu mengajak Titz, seorang rapper yang merupakan teman satu kampusnya di Universitas Indonesia untuk bergabung. Namun Titz merasa kalau band ini akan semakin kuat jika grupnya, Fade 2 Black, turut bergabung.
Akhir tahun 2004 Bondan & Fade 2 Black mulai melangkah ke dapur rekaman. Mereka pun menciptakan beberapa lagu dengan sentuhan Rap, Rock, dan Funk. Bondan Prakoso bertanggung jawab di sisi instrumen, looping dan aransemen, sedangkan Fade 2 Black menggarap lirik lagunya.
Proses ini hanya berlangsung 4 bulan, dan pada bulan Agustus 2005 album perdana mereka yang bertajuk "RESPECT" resmi dirilis di bawah naungan Sony BMG Music Indonesia. Album tersebut diwarnai berbagai jenis musik dengan rap sebagai vokal utama, dengan ditimpali suara Bondan yang turut menghiasi beberapa lagu.
Dengan album bermaterikan 12 lagu itu, Bondan Prakoso & Fade 2 Black pun menuai beragam prestasi, diantaranya adalah Best Rap Album Production dalam Indonesian Music Award 2006.
Album kedua mereka, "UNITY" dirilis pada bulan November 2007. Album yang menjagokan lagu "Keroncong Protol" ini semakin memantapkan posisi Bondan Prakoso & Fade 2 Black sebagai band yang kreatif dan mampu menciptakan sesuatu yang berbeda. Berkat album ini mereka kembali meraih penghargaan Best Rap Album Production dalam Indonesian Music Award 2008.
(source : wikipedia)
Namun sangat disayangkan pada tanggal 13 September 2013 Bondan Prakoso 7 Fade2Black menyatakan bahwa mereka akan vakum dan meneruskan project masing-masing yang sempat tertunda. Berikut adalah status dari akun Fanspage resmi dari Bondan Prakoso & Fade2Black :

“Kami, Bondan Prakoso & Fade2Black (Titz, Santoz & Lezzano), beserta B-Entertainment management mengumumkan dengan ini, bahwa: Terhitung mulai 13 September 2013, project kolaburasi kami yang bernamakan ‘Bondan Prakoso & Fade2Black’ kami nyatakan vacuum untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.
Hal ini di karenakan kami hendak fokus dan berkonsentrasi pada project masing-masing yang sempat tertunda.
Sedangkan hal-hal yang menyangkut kerja sama kami untuk beberapa event dengan pihak-pihak terkait, baik on-air maupun off-air sampai akhir tahun 2013 ini, kami tetap akan melaksanakannya dengan penuh rasa tanggung jawab sebagai musisi profesional, sesuai dengan kesepakatan yang sudah di tanda tangani oleh management kami.
Kami juga berterima kasih sebesar-besarnya atas dukungan teman2 Rezpector se-jagad raya selama 8 tahun kami berkarir di industri musik ini, sungguh ini merupakan pengalaman dan perjalanan panjang yang mengharukan bagi kami.
Semoga Rezpector tetap mampu kokoh berdiri dan tetap berkarya positif dan bermanfaat bagi orang banyak.”
Meskipun Bondan Prakoso dan Fade2Black bubar dan meneruskan project masing-masing, namun mereka tetap akan bermain bersama di beberapa event yang sebelumya telah menjadi jadwal dari Bondan Prakoso dan Fade2Black.

Sejauh ini mereka sudah mengeluarkan 4 album studio yaitu:
Respect (2005) 
Dirilis 2005
Genre Pop rock, rap, alternative hip-hop
Durasi 47:16
Label Sony BMG Indonesia
Track List 12 Lagu
Hits Singel Bunga, Berawal Dari mimpi, Please Dong Ah!

Download klik sini

Unity (2007) 
Dirilis 2007
Genre Pop, Rock, Rap
Warna Brown
Label Sony BMG Indonesia
Track List 13 Lagu
Hits Singel Kroncong Protol, Xpresikan
Download klik sini

For All (2010) 
Dirilis 2010
Direkam 2009 - 2010
Genre Pop rock, rap, alternative hip-hop
Durasi 44:27
Label Sony BMG Indonesia
Track List 11 Lagu
Hits Singel Ya Sudahlah dan Kita Selamanya.
Download klik sini

Respect & Unity For All (2012) 
Dirilis 2012
Genre Pop rock, rap
Label Sony Music Entertainment Indonesia
Track List 10 Lagu
Hits Singel Tak Terkalahkan, Tak Sempurna
Download klik sini




Terus dukung Bondan Prakoso dan Fade 2 Black dengan cara membeli kaset dan CD originalnya agar dapat menikmati karya-karya kretif dari  Bondan Prakoso dan Fade 2 Black lagi.
free Download Bondan Prakoso dan Fade 2 Black Full Album, songs from artists, bands, musicians for free just for the review the song. Buy original CD and use NSP, RBT, I-RING.




Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Bondan_Prakoso_%26_Fade_2_Black

Tidak ada komentar:

Posting Komentar